What's New

Oleh beberapa alasan administratif, data Peta Sentimen antar selebritas di Tali Merah tidak lagi didukung di server Bandung Fe Institute sejak 16 April 2016. Namun akses data lama (histori) tetap dibuka, ditambah fungsi pencarian yang disediakan versi terbaru ini. Beberapa perubahan layanan di luar Peta Sentimen dapat dinantikan pada updates Tali Merah berikutnya.

Yang baru:
1. Fungsi pencarian tokoh dan atau kata kunci.
2. Beberapa perbaikan kecil

App Description

Media online kita begitu banyak dipenuhi pemberitaan seluk-beluk kehidupan pribadi selebritas, mulai dari artis, aktor, pemain sinetron, presenter, hingga politisi. Jurnalisme infotainment telah sedemikian ramai, dan bahkan seringkali diidentikkan dengan gosip selebritas. Hal-hal pribadi yang terungkap dalam infotainment seringkali bersifat ekspresi sentimen. Berdasarkan teori kesetimbangan sosial, perbedaan dan kesamaan sentimen pada sebuah isu dapat memicu sentimen inter-aktor. Hal inilah yang ingin ditampilkan dalam Tali Merah, Peta Sentimen Selebritas berdasarkan pemberitaan infotainment.

Kejelasan yang komprehensif bagaimana sentimen berubah setiap hari sebagaimana direkam oleh infotainment sedikit banyak memberikan pelajaran membaca "plot" dari interaksi antar tokoh-tokoh papan atas warga Indonesia itu. Sebagaimana kita selalu dapat mengambil pelajaran dari novel atau cerita fiksi, demikian pula ketika kita membaca "drama" yang dimainkan aktor-aktor sosial selebritas tersebut. Untuk itulah Tali Merah dihadirkan di tengah-tengah masyarakat Indonesia sebagai cara "smart" untuk membaca infotainment.

Menggunakan Tali Merah sebagai perangkat bantu dalam membaca infotainment dan gosip seputar selebritas akan memberikan gambaran dinamika dari drama kehiduan sebagaimana fragmen-fragmennya diceritakan dalam infotainment. Infotaiment tak lagi menjadi sekadar pergunjingan tentang ikhwal personalitas selebritas, tetapi berpeluang memberikan pelajaran sosial bagi konsumen infotainment tersebut.

Mari belajar dari dinamika sosial selebritas, karena bukankah manusia harus belajar dari dinamika manusia lain?!

Informasi lanjut dapat dilihat dalam artikel: http://goo.gl/Z0YlNY


****

Perangkat lunak ini berbayar demi menjaga kesinambungan rutin server yang digunakan dalam menjalankan rutin aplikasi ini.

iPhone Screenshots

(click to enlarge)

Tali Merah screenshot 1 Tali Merah screenshot 2 Tali Merah screenshot 3 Tali Merah screenshot 4

iPad Screenshots

(click to enlarge)

Tali Merah screenshot 5 Tali Merah screenshot 6 Tali Merah screenshot 7 Tali Merah screenshot 8

App Changes

  • April 19, 2015 Initial release
  • June 16, 2015 New version 2.1.0
  • January 10, 2016 New version 2.2.0
  • July 12, 2016 New version 2.4.0

Other Apps From Hokky Situngkir

InfoBudaya phyBatik: Fractal Batik obserVindo Map of Batik IndoMuse MarketScope NusaKuliner